Friday, January 26, 2007

HypnoBirthing - Melahirkan Alami tanpa Sakit

Kemarin, bertepatan dengan hari ulang tahun Raka yang ke-1, aku akhirnya berhasil menyelesaikan 90% situs HypnoBirthing dan akhirnya aku launch 25 Jan kemarin.

Situs ini merupakan awal dari situs lain yang masih digarap, tapi sudah bisa digunakan bersama - sama, artinya semua orang bisa melakukan posting dan mengisi situs ini sesuai dengan kebutuhannya, walaupun masih harus melalui proses moderasi oleh admin.

Situs HypnoBirthing, men-spesifikasi tema seputar ibu hamil, dan metode relaksasi kehamilan hingga melahirkan. Terdapat pula kisah - kisah melahirkan, kisah sukses ASI, dan artikel kesehatan seputar kehamilan. Jangan lupa untuk membuat account terlebih dahulu agar dapat mengirimkan kisah atau artikel...Happy Surfing !!

Tuesday, January 02, 2007

My unpredictable brother...

This new year's eve (actually not an eve, cause we all spent the eve in our beds :D)... Well, my family finally picked a moment to gather and celebrated the December-birthdays, and may I add .. LOTS. Started from Dec 6th : My Father, Dec 11 : My nephew, Dec 15 : My sister-in-law, Dec 17: My husband, Dec 19 : My big sister. So every year we decide to celebrate the birthdays in one day.

Anyway... I was exited to see my brother along with his family, cause we barely see each other anymore eversince I moved to Jakarta. The other thing I was exited regarding his arriving was.. he brought my Superman Returns imported dvd (imported pirates though hehehehe), which Ivan bought for me. Then I remembered what Ivan (my best friend) told me when he gave the dvd to my brother... My brother asked questions like,"buat apaan si eva beli ginian? ngapain beli ginian" and so on and so on... But so I thought that he acted normally, cause he's always rude especially for anything related to me :D

Then.. soon after I met him at my parent's house, I asked him to give me the dvd... But then again (while he was holding the pirate dvd), he asked "buat apa sih lu beli ginian?" .. I answered "biarin atuh , gua suka kok .. pingin beli yg bajakan mahal.. impor"... and the next sentence coming out from his mouth was,"Jadi ga mau yg ini aja?" ==> he was holding the ORIGINAL SUPERMAN RETURNS DVD! I was speechless... well not exactly... heheheheh, then he said,"nih.. buat lu".. Whaaaaatttttttttttttt??????????? Ok NOW I'm speechless... (until now). He claimed,"I just imported it from the US several days ago" .. Well.. it didn't really matter how he got it.. I was sooooo speechless and only hug the original dvd (actually trying so hard not to burst in tears).

There... my rude, cruel, evil brother... but in the end, he always turns out to be very kind and noble... Unpredictable...



Saturday, December 23, 2006

Mengajar Bayi Anda Membaca (Metode Glenn Doman) Part 2

Hari Pertama
Gunakan tempat bagian rumah yang paling sedikit terdapat benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian, baik pendengarannya maupun penglihatannya. Misalnya, jangan ada radio yang dibunyikan.
1. Tunjukkan kartu bertuliskan IBU/AYAH atau yang lainnya
2. Jangan sampai ia dapat menjangkaunya
3. Katakan dengan jelas 'ini bacaannya IBU/AYAH'
4. Jangan jelaskan apa-apa
5. Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari 1 detik
6. Tunjukkan 4 kartu lainnya dengan cara yang sama
7. Jangan meminta anak mengulang apa yang anda ucapkan
8. Setelah kata ke-5, peluk, cium dengan hangat dan tunjukkan kasih sayang dengan cara yang menyolok
9. Ulangi 3 kali dengan jarak paling sedikit 1,5 jam

Hari Kedua
1. Ulangi pelajaran dasar hari pertama 3 kali
2. Tambahkan lima kata baru yang harus diperlihatkan 3 kali sepanjang hari kedua. Jadi ada 6 pelajaran
3. Jangan lupa menunjukkan rasa bangga anda
4. Jangan lakukan test, belum waktunya !

Hari Ketiga
1. Lakukan seperti hari ke-2
2. Tambahkan lima kata baru seperti hari kedua sehingga menjadi 9 pelajaran

Hari keempat, kelima, keenam ulangi seperti hari ketiga tanpa menambah kata-kata baru.

Hari Ketujuh
Beri kesempatan pada anak untuk memperlihatkan kemajuannya:
1. Pilih kata kesukaannya
2. Tunjukkan kepadanya dan ucapkan denga jelas 'ini apa?'
3. Hitung dalam hati sampai sepuluh, Jika anak anda mengucapkan, pastikan anda gembira dan tunjukkan kegembiraan anda Jika anak anda tidak memberikan jawaban atau salah, katakan dengan gembira apa bunyi kata itu dan teruskan pelajarannya.

Ancaman
Kebosanan adalah satu-satunya ancaman. Jangan sampai anak menjadi bosan. "Mengajarnya terlalu lambat akan lebih cepat membuatnya bosan daripada mengajarnya terlalu cepat"

Pada tahap pertama ini, dua hal luar biasa telah anda lakukan:
1. Dia sudah melatih indera penglihatan, dan yang lebih penting: dia telah melatih otaknya cukup baik untuk dapat membedakan bentuk tulisan yang satu dengan yang lainnya.
2. Dia sudah menguasai salah satu bentuk abstraksi yang paling luar biasa dalam hidupnya: dia dapat membaca kata-kata. Hanya ada satu lagi abstraksi besar harus dikuasainya, yaitu huruf-huruf dalam abjad.

TAHAP KEDUA : (kata-kata diri)
Kita mulai mengajarkan anak membaca dengan menggunakan kata-kata 'diri' karena anak memang mula-mula mempelajari badannya sendiri.
1. Ukuran karton 12,5 tinggi dan 60 cm panjang
2. Ukuran huruf 10 cm tinggi dan 7,5 cm lebar dengan jarak 1 cm
3. Huruf dan warna seperti tahap pertama
4. Buat 20 kata-kata tentang dirinya, misalnya: tangan kaki gigi jari kuku lutut mata perut
lidah pipi kuping dagu dada leher paha siku hidung jempol rambut bibir
5. Dari 3 kelompok kata masing-masing 5 kata di tahap awal, ambil masing-masing 1 kata lama dan tambahkan dengan 1 kata baru di tahap kedua
6. Dari 20 kata baru pada tahap kedua, ambil 10 kata dan jadikan 2 kelompok kata masing-masing 5 kata

7. Jadi sekarang anda memiliki:
- 3 kelompok kata dari tahap pertama yang sudah ditambah kata-kata baru
- 2 kelompok kata baru dari tahap kedua
- total 5 kelompok kata = 25 kata
8. Lakukan seperti tahap pertama
9. Setelah 5 hari ganti 1 kata dari masing-masing kelompok dengan kata baru, sehingga anak mempelajari 5 kata baru.
10. Setelah itu setiap hari ganti 1 kata lama dari masing-masing kelompok data dengan 1 kata baru. Dengan demikian setiap hari anak belajar 5 kata baru masing-masing satu dalam setiap
kelompok kata, dan 5 kata lama diambil setiap harinya.

TIPS:
1. Usahakan jangan ada 2 kata yang dimulai dengan yang sama secara berurutan, misalnya 'lidah' dengan 'lutut'
2. Anak-anak usia 6 bulan sudah bisa diajarkan. Lakukan dengan cara yang persis sama kalau anda mengajarnya berbicara
3. Ingat, membaca bukan berbicara
4. Usaha mengajar bayi membaca dapat membaca dapat mempercepat berbicara dan memperluas perbendaharaan kata.

Mengajar Bayi Anda Membaca (Metode Glenn Doman) Part 1

Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia dari semua makhluk hidup di dunia ini, cuma manusia yang dapat membaca. Membaca merupakan fungsi yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Anak-anak dapat membaca sebuah kata ketika usia mereka satu tahun, sebuah kalimat ketika berusia dua tahun, dan sebuah buku ketika berusia tiga tahun dan mereka menyukainya.

Tahun 1961 satu tim ahli dunia yang terdiri atas, dokter, spesialis membaca, ahli bedah otak dan psikolog mengadakan penelitian "Bagaimana otak anak-anak berkembang?". Hal ini kemudian berkembang menjadi satu informasi yang mengejutkan mengenai bagaimana anak-anak belajar, apa yang dipelajari anak-anak, dan apa yang bisa dipelajari anak-anak.

Hasil penelitian juga mendapatkan, ternyata anak yang cedera otak-pun dapat membaca dengan baik pada usia tiga tahun atau lebih muda lagi. Jelaslah bahwa ada sesuatu yang salah pada apa yang sedang terjadi, pada anak-anak sehat, jika di usia ini belum bisa membaca.

Penelitian tentang Otak Anak
Bagi otak tidak ada bedanya apakah dia 'melihat' atau 'mendengar' sesuatu. Otak dapat mengerti keduanya dengan baik. Yang dibutuhkan adalah suara itu cukup kuat dan cukup jelas untuk didengar telinga, dan perkataan itu cukup besar dan cukup jelas untuk dilihat mata sehingga otak dapat menafsirkan. Kalau telinga menerima rangsang suara, baik sepatah kata atau pesan lisan, maka pesan pendengaran ini diuraikan menjadi serentetan impuls-impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang bisa melihat untuk disusun dan diartikan menjadi kata-kata yang dapat dipahami.

Begitu pula kalau mata melihat sebuah kata atau pesan tertulis. Pesan visual ini diuraikan menjadi serentetan impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang tidak dapat melihat, untuk disusun kembali dan dipahami. Baik jalur penglihatan maupun jalur pendengaran sama-sama menuju ke otak dimana kedua pesan ditafsirkan otak dengan proses yang sama.

Dua faktor yang sangat penting dalam mengajar anak:
1. Sikap dan pendekatan orang tua
Syarat terpenting adalah, bahwa diantara orang tua dan anak harus ada pendekatan yang menyenangkan, karena belajar membaca merupakan permainan yang bagus sekali.

Belajar adalah:
- Hadiah, bukan hukuman
- Permainan yang paling menggairahkan, bukan bekerja
- Bersenang-senang, bukan bersusah payah
- Suatu kehormatan, bukan kehinaan

2. Membatasi waktu untuk melakukan permainan ini sehingga betul-betul singkat. Hentikan permainan ini sebelum anak itu sendiri ingin menghentikannya.

Bahan yang sesuai:
a. bahan-bahan dibuat dari kertas putih yang agak kaku (karton poster)
b. kata-kata yang dipakai ditulis dengan spidol besar
c. tulisannya harus rapi dan jelas, model hurufnya sederhana dan konsisten

Tahap-tahap mengajar:
TAHAP PERTAMA : (perbedaan penglihatan)
Mengajarkan anak anda membaca dimulai menggunakan hanya lima belas kata saja. Jika anak anda sudah mempelajari 15 kata ini, dia sudah siap untuk melangkah ke perbendaharaan kata-kata lain.

1. Ukuran karton : tinggi 15 cm, panjang 60 cm
2. Ukuran huruf, tinggi 12,5 cm dan lebar 10 cm, serta setiap huruf berjarak kira-kira 1,25 cm
3. Huruf berwarna merah
4. Gunakan huruf kecil (bukan huruf kapital)
5. Buatlah hanya 15 kata, misal : IBU (UMMI/MAMA/BUNDA), BAPAK (ABI/PAPA/AYAH)
6. Ke-15 kata-kata pertama harus terdiri dari kata-kata yang paling dikenal dan paling dekat dengan lingkungannya yaitu nama-nama anggota keluarga, binatang peliharaan, makanan kesukaan, atau sesuatu yang dianggap penting untuk diketahui oleh sang anak.

Thursday, December 14, 2006

Profil dokter kandungan buat web ibu hamil

Dear all..

sekarang ini aku sedang proses membuat website untuk ibu2 hamil yg
informasinya agak spesifik (sori belon bisa ngasi tau temanya :D.. masih
belon di publish soalnya). Salah satu link disitu adalah profil dokter kandungan yang bagus dan kalo bisa memang direkomendasikan karena
keahliannya dan prestasinya.. karena dalam web itu saya ingin masukkan
profil dokter tsb secara lengkap (kalau memungkinkan).. bahkan kalo ada
fotonya, lebih bagus lagi tuh :D kurang lebih.. ini point2 yg saya
butuhkan... kalau tidak tau isinya,

kosongkan saja.. Langsung) ke
email saya : epha@melsa.net atau eva@melsa.net.id

terima kasih banyak..
:)



nama lengkap
:


tgl lahir
: (kalo ga ada, boleh perkiraan umur
aja.. ==> bisa untuk mengukur pengalaman beliau)


lokasi
praktek
:


telepon:


jam praktek
:


spesialisasi spesifik
: (seperti
fertilitas, sex, menopause, kista dsb)


komunikasi : (pilih => sangat
baik/baik/cukup/kurang) --> ukurannya dari bagaimana caranya memberikan
informasi ke kita, males2an, semangat, jawabannya jelas dsb dsb..

lulusan
dari
:


organisasi :

prestasi/pengalaman khusus
: (mungkin pernah muncul di
majalah, tv dsb, atau menemukan sesuatu, atau mencetuskan teori baru
dll)


rating :
pilih salah satu ==> sangat disarankan - disarankan - cukup
disarankan - kurang disarankan - tidak disarankan


komentar : ----silahkan
isi yang jelas, padat, dan bermakna----



Wednesday, December 13, 2006

VoIP - definisi singkat

VoIP adalah transmisi komunikasi suara melalui packet
IP langsung keinternet.

untuk bisa menggunakan VoIP, bisa menggunakan hardware embeded
VoIP(VoIP Box) dan bisa juga melalui software yang ada pada PC.




VoIP bekerja mengirim informasi suara dalam format digital berbeda
dengan PSTN yang menggunakan circuit commited protocols.


keuntungan utama dari voip ialah mengurangi biaya percakapan dari
layanan telepon biasa.


apa yang diperlukan agar bisa memakai VoIP :


1. agar bisa menggunakan fasilitas VoIP semacam net2phone, IConnectHere,
bisa hanya dengan PC, koneksi internet dan speaker+microphone.


2. atau anda juga bisa menggunakan mesin/hardware voip(voip box)
yang bentuknya seukuran modem telepon. cara menggunakannya tinggal
masukan kabel telepon ke Voip Box


3. bisa menggunakan account dari VoIP provider. account anda bisa
diset untuk mengenali panggilan secara otomatis atau dengan cara
memasukan nomor account.Melsa-i-Net sebagai VoIP Provider juga
menyediakan layanan account ini.




Kenapa saya harus tertarik dengan VoIP ?


Ketika anda menggunakan telepon biasa(PSTN), anda membayar berdasarkan
waktu pembicaraan.semakin lama pembicaraan bertambah pula pembayarannya.dengan
voip anda bisa berbicara setiap saat dengan siapa saja tanpa mengenal
jarak dan waktu

Tuesday, December 12, 2006

Butuh Pembantu yg bisa Masak!

Aku butuh pembantu nih..soalnya yg sekarang tgl 25 mau pulang berhubung beliau mau kawin...
Tolong ya informasinya kalo ada yang tau.. syaratnya : bisa masak, jujur dan dapat dipercaya.. buat kerja di rumahku di daerah kelapa gading jakarta. Email atau posting personal message aja yah..


Lurus jalan terus

Di suatu perempatan jalan seperti biasa ada tulisan "Lurus..jalan terus!"

Tanto dengan mobilnya, berhubung mau lurus, langsung tancap gas lagi agak dalam...

Tiba-tiba sepeda motor didepan mobil Tanto menginjak rem secara mendadak..sampai terdengar berdecit-2.

Tanto langsung saja banting stir agak kekiri untuk menghindari tabrakan,maklum jalanan agak padat. Tanto langsung buka jendela dan mengumpat pada si pengemudi tersebut "heh mas...gimana sih! kan itu ada tulisannya kalo lurus jalan terus!.." sambil sedikit melotot tentu..

Si pengemudi tersebut kelihatan dengan wajah tak berdosa seperti mau minta maaf...dia membuka helm nya.."tapi pak...saya kan keriting..."

Harley Davidson

Dua orang pemuda sedang asik naik mobil, tiba -tiba sebuah motor
Harley Davidson mendahului mereka dan pengemudinya berteriak "
Hooooi ! ... Elu sudah pernah naik Harley belum ?" lalu dia
langsung tancap gas. "Sialan tuh orang baru naik Harley segitu
aja sombong banget, ayo kita kejar ! " kata pemuda yang nyetir
mobil, "ayo !" balas temannya.


Mobil itu tancap gas dan berhasil menyalip Harley. Ngga' lama kemudian,
Harley tersebut berhasil nguber Mobil lagi, dan pengendara Harleynya
berteriak "Hoooi ! ... Elu udah pernah naik Harley belum ?".
Dan Harley itu ngebut lagi ninggalin mobil. "Biar mampus tuh
orang, gua sumpahin tabrakan lu, belagu amat sih !' pemuda yang
nyetir mobil keki berat.


Rupanya di persimpangan jalan, Harley tersebut tabrakan dan pengemudinya
ketiban motor sendiri. Setelah tahu yang tabrakan adalah pengendara
Harley yang ngeledek mereka, kedua orang pemuda ini turun dari mobil
dan menghampiri pengemudi tersebut. "Hoi ... elu pernah naik
Harley nggak' ?" kata pengemudi Harley sambil meringis kesakitan.
"Heh, elu tuh udah tabrakan,ketiban motor, masih sombong lagi,
mau lu apa sih ?" kata salah seorang pemuda yang bawa mobil
dengan sewot. Lalu pengendara Harley itu ngomong " Maksudnya,
gue mau nanya sama elu, kalo elu udah pernah naik Harley, kasih
tahu gue, rem-nya dimana !"

Kolam Buaya

Alkisah ada seorang kaya raya sedang mengadakan pesta di rumahnya
di kawasan Menteng.


Kayanya orang ini nggak kira-kira, duitnya bejibun, belon rumahnya
di Menteng ama di Pondok Indah, punya banyak simpanan cewek, abis
itu dia juga punya helikopter

ama pesawat terbang. Pokoknya semuanya deh. Orangnya rada nyentrik.
Kolam renangnya diisi banyak buaya.


Lagi pada pesta di pinggir kolam, si doi berdiri di atas menara
life guard supaya temen-temennya bisa ngeliat. Terus dia suruh semuanya
tenang dan berkata "Baiklah,

orang pertama yang berani renang di kolam ini dari ujung ke ujung
bakalan gue kasih semua duit gue."


Semua pada diem. Si kaya ngeliat ke temen-tememnya dengan gemes
lalu berkata "OK, orang pertama yang berani renang di kolam
ini dari ujung ke ujung, gue kasih

semua duit gue plus rumah gue."


Tetap nggak ada juga yang bereaksi. "OK, kalau gitu semua
duit gue, rumah, mobil-mobil, pesawat terbang, semua milik gue,
saham, surat berharga dan semua cewek gue, pokoke semua yang gue
miliki.


" SPLASH!!! Ada yang terjun!


Buaya-buaya pada ngerubutin tapi dia berkelit aje kayak Tarzan.
Berkelit ke sono-sini, berkelahi juge dengan buaya itu. Akhirnya
nyampe juga di seberang. Si kaya turun dari

life guard tower lalu berlari ke orang itu.


Kaya: "Gile lu! Hebat bener, gua nggak nyangka kalo ada yang
berani ...melakukannya. Elu mau duitnya sekarang?"

Nekad: "Nggak! gue nggak mau duit!"

Kaya: "Elu mau rumahnya sekarang?"

Nekad: "Nggak! gue nggak mau rumahnya"

Kaya: "Elu mau mobil ama pesawatnya sekarang atau ntar?"

Nekad: "Nggak! gue juga nggak mau pesawat"

Kaya: "Elu minta saham atau surat berharga?"

Nekad: "Nggak! gue nggak mau"

Kaya: "Elu minta cewek gue?"

Nekad: "Nggak gue juge nggak mau itu"

Kaya: "Habis, elu itu maunya apa?????"

Nekad: "Gue mau tahu siapa bajingan yang dorong gue tadi !!!"

Kompetisi Drakula

Ada 3 drakula, mereka bikin kompetisi siapa yang paling kejam
dan sadis. drakula yang paling muda dapet kesempetan duluan. Tiba-tiba
dia lari secepat kilat, terus 2 menit udah balik lagi. Mukanya penuh
lumuran darah, seringainya serem. Terus dia ngomong : " Kalian
liat desa di seberang bukit itu ? " Yang dua ngangguk, "
Iya, liat "

" Desa itu .. habiissss !!!!"



Yang paling tua panas juga .. dia juga pergi sekelebat, terus 1
menit udah balik, mukanya juga penuh sama cucuran darah. "
Kalian liat kota yang itu ? ", katanya sambil

mukanya nunjukin kalo dia bangga bener. " Iya, liat ",
yang dua ngangguk juga. " Kota itu juga habiiissssss !!! ",
kata yang paling tua sambil ketawa serem," ha ha ha hah ".



Drakula yang satunya lagi tambah panas, dia juga pengen show off.
Akhirnya dia juga lari sekelebat. Temennya yang dua terperanjat,
soalnya belum sampe setengah menit dianya udah balik, dengan penuh
cucuran darah di mukanya ... Temennya yang dua membatin, "gila
ni drakula, sangar amat, ternyata dia yang paling jago". Sambil
ngos-ngosan dia teriak, "Kalian liat tiang listrik dipas belokan
sana ?"

" Liat! liat!", kata yang lain ..

" .. gua kagak liat ...."

Monday, December 11, 2006

Arti tahi lalat

Jika tahi lalat terdapat di perut, memiliki gambaran mudah terpengaruh, lemah lembut dan berhati bersih.

Jika tahi lalat terdapat di hidung, memiliki gambaran disukai orang, tidak pelit dan banyak rezeki.

Jika tahi lalat terdapat di bibir bawah atau atas, memiliki gambaran Disenangi banyak orang dan murah rezeki

Jika tahi lalat terdapat di Dagu, memiliki gambaran tidak dapat dipercaya, banyak bicara.

Jika tahi lalat terdapat di dahi kiri, memiliki gambaran cerdas, kuat mental dan tahan uji.

Jika tahi lalat terdapat di dahi kanan, memiliki gambaran pandai bergaul, suka bertualang.

Jika tahi lalat terdapat di pipi kiri, memiliki gambaran boros, banyak halangan.

Jika tahi lalat terdapat di pipi kanan, memiliki gambaran suka menolong dan tidak tegaan.

Jika tahi lalat terdapat di alis sebelah kiri, memiliki gambaran egois, tidak mau peduli pada kesusahan orang lain.

Jika tahi lalat terdapat di alis sebelah kanan, memiliki gambaran banyak menangung beban, tidak pernah tenang.

Jika tahi lalat terdapat di Dada, memiliki gambaran keras hati.

Jika tahi lalat terdapat di Lengan, memiliki gambaran berani, kuat, pendiam.

Jika tahi lalat terdapat di pergelangan tangan, memiliki gambaran suka sesumbar, tidak bisa menyimpan uang.

Jika tahi lalat terdapat di lutut kanan atau kiri, memiliki gambaran periang, kuat berjalan.

Jika tahi lalat terdapat di pundak kiri, memiliki gambaran penyabar, teliti, punya pendirian tetap.

Jika tahi lalat terdapat di telinga kanan, memiliki gambaran tidak pelit, punya kemauan keras.

Jika tahi lalat terdapat di telinga kiri, memiliki gambaran mudah tersinggug, cepat marah.