Saturday, December 23, 2006

Mengajar Bayi Anda Membaca (Metode Glenn Doman) Part 2

Hari Pertama
Gunakan tempat bagian rumah yang paling sedikit terdapat benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian, baik pendengarannya maupun penglihatannya. Misalnya, jangan ada radio yang dibunyikan.
1. Tunjukkan kartu bertuliskan IBU/AYAH atau yang lainnya
2. Jangan sampai ia dapat menjangkaunya
3. Katakan dengan jelas 'ini bacaannya IBU/AYAH'
4. Jangan jelaskan apa-apa
5. Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari 1 detik
6. Tunjukkan 4 kartu lainnya dengan cara yang sama
7. Jangan meminta anak mengulang apa yang anda ucapkan
8. Setelah kata ke-5, peluk, cium dengan hangat dan tunjukkan kasih sayang dengan cara yang menyolok
9. Ulangi 3 kali dengan jarak paling sedikit 1,5 jam

Hari Kedua
1. Ulangi pelajaran dasar hari pertama 3 kali
2. Tambahkan lima kata baru yang harus diperlihatkan 3 kali sepanjang hari kedua. Jadi ada 6 pelajaran
3. Jangan lupa menunjukkan rasa bangga anda
4. Jangan lakukan test, belum waktunya !

Hari Ketiga
1. Lakukan seperti hari ke-2
2. Tambahkan lima kata baru seperti hari kedua sehingga menjadi 9 pelajaran

Hari keempat, kelima, keenam ulangi seperti hari ketiga tanpa menambah kata-kata baru.

Hari Ketujuh
Beri kesempatan pada anak untuk memperlihatkan kemajuannya:
1. Pilih kata kesukaannya
2. Tunjukkan kepadanya dan ucapkan denga jelas 'ini apa?'
3. Hitung dalam hati sampai sepuluh, Jika anak anda mengucapkan, pastikan anda gembira dan tunjukkan kegembiraan anda Jika anak anda tidak memberikan jawaban atau salah, katakan dengan gembira apa bunyi kata itu dan teruskan pelajarannya.

Ancaman
Kebosanan adalah satu-satunya ancaman. Jangan sampai anak menjadi bosan. "Mengajarnya terlalu lambat akan lebih cepat membuatnya bosan daripada mengajarnya terlalu cepat"

Pada tahap pertama ini, dua hal luar biasa telah anda lakukan:
1. Dia sudah melatih indera penglihatan, dan yang lebih penting: dia telah melatih otaknya cukup baik untuk dapat membedakan bentuk tulisan yang satu dengan yang lainnya.
2. Dia sudah menguasai salah satu bentuk abstraksi yang paling luar biasa dalam hidupnya: dia dapat membaca kata-kata. Hanya ada satu lagi abstraksi besar harus dikuasainya, yaitu huruf-huruf dalam abjad.

TAHAP KEDUA : (kata-kata diri)
Kita mulai mengajarkan anak membaca dengan menggunakan kata-kata 'diri' karena anak memang mula-mula mempelajari badannya sendiri.
1. Ukuran karton 12,5 tinggi dan 60 cm panjang
2. Ukuran huruf 10 cm tinggi dan 7,5 cm lebar dengan jarak 1 cm
3. Huruf dan warna seperti tahap pertama
4. Buat 20 kata-kata tentang dirinya, misalnya: tangan kaki gigi jari kuku lutut mata perut
lidah pipi kuping dagu dada leher paha siku hidung jempol rambut bibir
5. Dari 3 kelompok kata masing-masing 5 kata di tahap awal, ambil masing-masing 1 kata lama dan tambahkan dengan 1 kata baru di tahap kedua
6. Dari 20 kata baru pada tahap kedua, ambil 10 kata dan jadikan 2 kelompok kata masing-masing 5 kata

7. Jadi sekarang anda memiliki:
- 3 kelompok kata dari tahap pertama yang sudah ditambah kata-kata baru
- 2 kelompok kata baru dari tahap kedua
- total 5 kelompok kata = 25 kata
8. Lakukan seperti tahap pertama
9. Setelah 5 hari ganti 1 kata dari masing-masing kelompok dengan kata baru, sehingga anak mempelajari 5 kata baru.
10. Setelah itu setiap hari ganti 1 kata lama dari masing-masing kelompok data dengan 1 kata baru. Dengan demikian setiap hari anak belajar 5 kata baru masing-masing satu dalam setiap
kelompok kata, dan 5 kata lama diambil setiap harinya.

TIPS:
1. Usahakan jangan ada 2 kata yang dimulai dengan yang sama secara berurutan, misalnya 'lidah' dengan 'lutut'
2. Anak-anak usia 6 bulan sudah bisa diajarkan. Lakukan dengan cara yang persis sama kalau anda mengajarnya berbicara
3. Ingat, membaca bukan berbicara
4. Usaha mengajar bayi membaca dapat membaca dapat mempercepat berbicara dan memperluas perbendaharaan kata.

Mengajar Bayi Anda Membaca (Metode Glenn Doman) Part 1

Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia dari semua makhluk hidup di dunia ini, cuma manusia yang dapat membaca. Membaca merupakan fungsi yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Anak-anak dapat membaca sebuah kata ketika usia mereka satu tahun, sebuah kalimat ketika berusia dua tahun, dan sebuah buku ketika berusia tiga tahun dan mereka menyukainya.

Tahun 1961 satu tim ahli dunia yang terdiri atas, dokter, spesialis membaca, ahli bedah otak dan psikolog mengadakan penelitian "Bagaimana otak anak-anak berkembang?". Hal ini kemudian berkembang menjadi satu informasi yang mengejutkan mengenai bagaimana anak-anak belajar, apa yang dipelajari anak-anak, dan apa yang bisa dipelajari anak-anak.

Hasil penelitian juga mendapatkan, ternyata anak yang cedera otak-pun dapat membaca dengan baik pada usia tiga tahun atau lebih muda lagi. Jelaslah bahwa ada sesuatu yang salah pada apa yang sedang terjadi, pada anak-anak sehat, jika di usia ini belum bisa membaca.

Penelitian tentang Otak Anak
Bagi otak tidak ada bedanya apakah dia 'melihat' atau 'mendengar' sesuatu. Otak dapat mengerti keduanya dengan baik. Yang dibutuhkan adalah suara itu cukup kuat dan cukup jelas untuk didengar telinga, dan perkataan itu cukup besar dan cukup jelas untuk dilihat mata sehingga otak dapat menafsirkan. Kalau telinga menerima rangsang suara, baik sepatah kata atau pesan lisan, maka pesan pendengaran ini diuraikan menjadi serentetan impuls-impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang bisa melihat untuk disusun dan diartikan menjadi kata-kata yang dapat dipahami.

Begitu pula kalau mata melihat sebuah kata atau pesan tertulis. Pesan visual ini diuraikan menjadi serentetan impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang tidak dapat melihat, untuk disusun kembali dan dipahami. Baik jalur penglihatan maupun jalur pendengaran sama-sama menuju ke otak dimana kedua pesan ditafsirkan otak dengan proses yang sama.

Dua faktor yang sangat penting dalam mengajar anak:
1. Sikap dan pendekatan orang tua
Syarat terpenting adalah, bahwa diantara orang tua dan anak harus ada pendekatan yang menyenangkan, karena belajar membaca merupakan permainan yang bagus sekali.

Belajar adalah:
- Hadiah, bukan hukuman
- Permainan yang paling menggairahkan, bukan bekerja
- Bersenang-senang, bukan bersusah payah
- Suatu kehormatan, bukan kehinaan

2. Membatasi waktu untuk melakukan permainan ini sehingga betul-betul singkat. Hentikan permainan ini sebelum anak itu sendiri ingin menghentikannya.

Bahan yang sesuai:
a. bahan-bahan dibuat dari kertas putih yang agak kaku (karton poster)
b. kata-kata yang dipakai ditulis dengan spidol besar
c. tulisannya harus rapi dan jelas, model hurufnya sederhana dan konsisten

Tahap-tahap mengajar:
TAHAP PERTAMA : (perbedaan penglihatan)
Mengajarkan anak anda membaca dimulai menggunakan hanya lima belas kata saja. Jika anak anda sudah mempelajari 15 kata ini, dia sudah siap untuk melangkah ke perbendaharaan kata-kata lain.

1. Ukuran karton : tinggi 15 cm, panjang 60 cm
2. Ukuran huruf, tinggi 12,5 cm dan lebar 10 cm, serta setiap huruf berjarak kira-kira 1,25 cm
3. Huruf berwarna merah
4. Gunakan huruf kecil (bukan huruf kapital)
5. Buatlah hanya 15 kata, misal : IBU (UMMI/MAMA/BUNDA), BAPAK (ABI/PAPA/AYAH)
6. Ke-15 kata-kata pertama harus terdiri dari kata-kata yang paling dikenal dan paling dekat dengan lingkungannya yaitu nama-nama anggota keluarga, binatang peliharaan, makanan kesukaan, atau sesuatu yang dianggap penting untuk diketahui oleh sang anak.

Thursday, December 14, 2006

Profil dokter kandungan buat web ibu hamil

Dear all..

sekarang ini aku sedang proses membuat website untuk ibu2 hamil yg
informasinya agak spesifik (sori belon bisa ngasi tau temanya :D.. masih
belon di publish soalnya). Salah satu link disitu adalah profil dokter kandungan yang bagus dan kalo bisa memang direkomendasikan karena
keahliannya dan prestasinya.. karena dalam web itu saya ingin masukkan
profil dokter tsb secara lengkap (kalau memungkinkan).. bahkan kalo ada
fotonya, lebih bagus lagi tuh :D kurang lebih.. ini point2 yg saya
butuhkan... kalau tidak tau isinya,

kosongkan saja.. Langsung) ke
email saya : epha@melsa.net atau eva@melsa.net.id

terima kasih banyak..
:)



nama lengkap
:


tgl lahir
: (kalo ga ada, boleh perkiraan umur
aja.. ==> bisa untuk mengukur pengalaman beliau)


lokasi
praktek
:


telepon:


jam praktek
:


spesialisasi spesifik
: (seperti
fertilitas, sex, menopause, kista dsb)


komunikasi : (pilih => sangat
baik/baik/cukup/kurang) --> ukurannya dari bagaimana caranya memberikan
informasi ke kita, males2an, semangat, jawabannya jelas dsb dsb..

lulusan
dari
:


organisasi :

prestasi/pengalaman khusus
: (mungkin pernah muncul di
majalah, tv dsb, atau menemukan sesuatu, atau mencetuskan teori baru
dll)


rating :
pilih salah satu ==> sangat disarankan - disarankan - cukup
disarankan - kurang disarankan - tidak disarankan


komentar : ----silahkan
isi yang jelas, padat, dan bermakna----



Wednesday, December 13, 2006

VoIP - definisi singkat

VoIP adalah transmisi komunikasi suara melalui packet
IP langsung keinternet.

untuk bisa menggunakan VoIP, bisa menggunakan hardware embeded
VoIP(VoIP Box) dan bisa juga melalui software yang ada pada PC.




VoIP bekerja mengirim informasi suara dalam format digital berbeda
dengan PSTN yang menggunakan circuit commited protocols.


keuntungan utama dari voip ialah mengurangi biaya percakapan dari
layanan telepon biasa.


apa yang diperlukan agar bisa memakai VoIP :


1. agar bisa menggunakan fasilitas VoIP semacam net2phone, IConnectHere,
bisa hanya dengan PC, koneksi internet dan speaker+microphone.


2. atau anda juga bisa menggunakan mesin/hardware voip(voip box)
yang bentuknya seukuran modem telepon. cara menggunakannya tinggal
masukan kabel telepon ke Voip Box


3. bisa menggunakan account dari VoIP provider. account anda bisa
diset untuk mengenali panggilan secara otomatis atau dengan cara
memasukan nomor account.Melsa-i-Net sebagai VoIP Provider juga
menyediakan layanan account ini.




Kenapa saya harus tertarik dengan VoIP ?


Ketika anda menggunakan telepon biasa(PSTN), anda membayar berdasarkan
waktu pembicaraan.semakin lama pembicaraan bertambah pula pembayarannya.dengan
voip anda bisa berbicara setiap saat dengan siapa saja tanpa mengenal
jarak dan waktu

Tuesday, December 12, 2006

Butuh Pembantu yg bisa Masak!

Aku butuh pembantu nih..soalnya yg sekarang tgl 25 mau pulang berhubung beliau mau kawin...
Tolong ya informasinya kalo ada yang tau.. syaratnya : bisa masak, jujur dan dapat dipercaya.. buat kerja di rumahku di daerah kelapa gading jakarta. Email atau posting personal message aja yah..


Lurus jalan terus

Di suatu perempatan jalan seperti biasa ada tulisan "Lurus..jalan terus!"

Tanto dengan mobilnya, berhubung mau lurus, langsung tancap gas lagi agak dalam...

Tiba-tiba sepeda motor didepan mobil Tanto menginjak rem secara mendadak..sampai terdengar berdecit-2.

Tanto langsung saja banting stir agak kekiri untuk menghindari tabrakan,maklum jalanan agak padat. Tanto langsung buka jendela dan mengumpat pada si pengemudi tersebut "heh mas...gimana sih! kan itu ada tulisannya kalo lurus jalan terus!.." sambil sedikit melotot tentu..

Si pengemudi tersebut kelihatan dengan wajah tak berdosa seperti mau minta maaf...dia membuka helm nya.."tapi pak...saya kan keriting..."

Harley Davidson

Dua orang pemuda sedang asik naik mobil, tiba -tiba sebuah motor
Harley Davidson mendahului mereka dan pengemudinya berteriak "
Hooooi ! ... Elu sudah pernah naik Harley belum ?" lalu dia
langsung tancap gas. "Sialan tuh orang baru naik Harley segitu
aja sombong banget, ayo kita kejar ! " kata pemuda yang nyetir
mobil, "ayo !" balas temannya.


Mobil itu tancap gas dan berhasil menyalip Harley. Ngga' lama kemudian,
Harley tersebut berhasil nguber Mobil lagi, dan pengendara Harleynya
berteriak "Hoooi ! ... Elu udah pernah naik Harley belum ?".
Dan Harley itu ngebut lagi ninggalin mobil. "Biar mampus tuh
orang, gua sumpahin tabrakan lu, belagu amat sih !' pemuda yang
nyetir mobil keki berat.


Rupanya di persimpangan jalan, Harley tersebut tabrakan dan pengemudinya
ketiban motor sendiri. Setelah tahu yang tabrakan adalah pengendara
Harley yang ngeledek mereka, kedua orang pemuda ini turun dari mobil
dan menghampiri pengemudi tersebut. "Hoi ... elu pernah naik
Harley nggak' ?" kata pengemudi Harley sambil meringis kesakitan.
"Heh, elu tuh udah tabrakan,ketiban motor, masih sombong lagi,
mau lu apa sih ?" kata salah seorang pemuda yang bawa mobil
dengan sewot. Lalu pengendara Harley itu ngomong " Maksudnya,
gue mau nanya sama elu, kalo elu udah pernah naik Harley, kasih
tahu gue, rem-nya dimana !"

Kolam Buaya

Alkisah ada seorang kaya raya sedang mengadakan pesta di rumahnya
di kawasan Menteng.


Kayanya orang ini nggak kira-kira, duitnya bejibun, belon rumahnya
di Menteng ama di Pondok Indah, punya banyak simpanan cewek, abis
itu dia juga punya helikopter

ama pesawat terbang. Pokoknya semuanya deh. Orangnya rada nyentrik.
Kolam renangnya diisi banyak buaya.


Lagi pada pesta di pinggir kolam, si doi berdiri di atas menara
life guard supaya temen-temennya bisa ngeliat. Terus dia suruh semuanya
tenang dan berkata "Baiklah,

orang pertama yang berani renang di kolam ini dari ujung ke ujung
bakalan gue kasih semua duit gue."


Semua pada diem. Si kaya ngeliat ke temen-tememnya dengan gemes
lalu berkata "OK, orang pertama yang berani renang di kolam
ini dari ujung ke ujung, gue kasih

semua duit gue plus rumah gue."


Tetap nggak ada juga yang bereaksi. "OK, kalau gitu semua
duit gue, rumah, mobil-mobil, pesawat terbang, semua milik gue,
saham, surat berharga dan semua cewek gue, pokoke semua yang gue
miliki.


" SPLASH!!! Ada yang terjun!


Buaya-buaya pada ngerubutin tapi dia berkelit aje kayak Tarzan.
Berkelit ke sono-sini, berkelahi juge dengan buaya itu. Akhirnya
nyampe juga di seberang. Si kaya turun dari

life guard tower lalu berlari ke orang itu.


Kaya: "Gile lu! Hebat bener, gua nggak nyangka kalo ada yang
berani ...melakukannya. Elu mau duitnya sekarang?"

Nekad: "Nggak! gue nggak mau duit!"

Kaya: "Elu mau rumahnya sekarang?"

Nekad: "Nggak! gue nggak mau rumahnya"

Kaya: "Elu mau mobil ama pesawatnya sekarang atau ntar?"

Nekad: "Nggak! gue juga nggak mau pesawat"

Kaya: "Elu minta saham atau surat berharga?"

Nekad: "Nggak! gue nggak mau"

Kaya: "Elu minta cewek gue?"

Nekad: "Nggak gue juge nggak mau itu"

Kaya: "Habis, elu itu maunya apa?????"

Nekad: "Gue mau tahu siapa bajingan yang dorong gue tadi !!!"

Kompetisi Drakula

Ada 3 drakula, mereka bikin kompetisi siapa yang paling kejam
dan sadis. drakula yang paling muda dapet kesempetan duluan. Tiba-tiba
dia lari secepat kilat, terus 2 menit udah balik lagi. Mukanya penuh
lumuran darah, seringainya serem. Terus dia ngomong : " Kalian
liat desa di seberang bukit itu ? " Yang dua ngangguk, "
Iya, liat "

" Desa itu .. habiissss !!!!"



Yang paling tua panas juga .. dia juga pergi sekelebat, terus 1
menit udah balik, mukanya juga penuh sama cucuran darah. "
Kalian liat kota yang itu ? ", katanya sambil

mukanya nunjukin kalo dia bangga bener. " Iya, liat ",
yang dua ngangguk juga. " Kota itu juga habiiissssss !!! ",
kata yang paling tua sambil ketawa serem," ha ha ha hah ".



Drakula yang satunya lagi tambah panas, dia juga pengen show off.
Akhirnya dia juga lari sekelebat. Temennya yang dua terperanjat,
soalnya belum sampe setengah menit dianya udah balik, dengan penuh
cucuran darah di mukanya ... Temennya yang dua membatin, "gila
ni drakula, sangar amat, ternyata dia yang paling jago". Sambil
ngos-ngosan dia teriak, "Kalian liat tiang listrik dipas belokan
sana ?"

" Liat! liat!", kata yang lain ..

" .. gua kagak liat ...."

Monday, December 11, 2006

Arti tahi lalat

Jika tahi lalat terdapat di perut, memiliki gambaran mudah terpengaruh, lemah lembut dan berhati bersih.

Jika tahi lalat terdapat di hidung, memiliki gambaran disukai orang, tidak pelit dan banyak rezeki.

Jika tahi lalat terdapat di bibir bawah atau atas, memiliki gambaran Disenangi banyak orang dan murah rezeki

Jika tahi lalat terdapat di Dagu, memiliki gambaran tidak dapat dipercaya, banyak bicara.

Jika tahi lalat terdapat di dahi kiri, memiliki gambaran cerdas, kuat mental dan tahan uji.

Jika tahi lalat terdapat di dahi kanan, memiliki gambaran pandai bergaul, suka bertualang.

Jika tahi lalat terdapat di pipi kiri, memiliki gambaran boros, banyak halangan.

Jika tahi lalat terdapat di pipi kanan, memiliki gambaran suka menolong dan tidak tegaan.

Jika tahi lalat terdapat di alis sebelah kiri, memiliki gambaran egois, tidak mau peduli pada kesusahan orang lain.

Jika tahi lalat terdapat di alis sebelah kanan, memiliki gambaran banyak menangung beban, tidak pernah tenang.

Jika tahi lalat terdapat di Dada, memiliki gambaran keras hati.

Jika tahi lalat terdapat di Lengan, memiliki gambaran berani, kuat, pendiam.

Jika tahi lalat terdapat di pergelangan tangan, memiliki gambaran suka sesumbar, tidak bisa menyimpan uang.

Jika tahi lalat terdapat di lutut kanan atau kiri, memiliki gambaran periang, kuat berjalan.

Jika tahi lalat terdapat di pundak kiri, memiliki gambaran penyabar, teliti, punya pendirian tetap.

Jika tahi lalat terdapat di telinga kanan, memiliki gambaran tidak pelit, punya kemauan keras.

Jika tahi lalat terdapat di telinga kiri, memiliki gambaran mudah tersinggug, cepat marah.

Thursday, December 07, 2006

FEEDING TODDLERS: 17 TIPS FOR PLEASING THE PICKY EATER part 2

Jadi jika Anda bukanlah orang tua dari anak-anak 'pecinta
sayuran', cobalah
beberapa tips berikut ini:
- Berkebun dengan anak
Anda.
Biarkan dia menolong Anda merawat tanaman, memanen sayuran yang
matang,
membantu mencuci dan menyiapkan sayuran untuk menu makanan. Ia
mungkin akan
lebih berminat untuk makan sayuran yang telah ia 'bantu' untuk
tumbuh,
matang dan siap disajikan.
- Selipkan lembaran atau potongan
sayuran ke dalam makanan favorit.
Coba untuk tambahkan sayuran pada nasi,
keju cottage, keju krim, saus
alpuat, atau bahkan macaroni dan keju. Pancake
Zucchini dan muffin wortel
adalah makanan favorit di rumah kami.
-
'Kamuflase' kan sayuran dengan saus favorit.
- Gunakan sayuran sebagai
'finger foods' dan celupkan ke dalam saus atau
'dip' favorit.
- Dengan
pemotong kue, potong sayuran dalam bentuk-bentuk yang menarik.
- Kukus
sayuran hijau
Pengolahan dengan cara ini menghasilkan sayuran yang lebih
ber-cita rasa dan
lebih manis.
- Gunakan sayuran sebagai seni
Ciptakan
bentuk 'wajah' yang penuh warna dengan menggunakan irisan olive
sebagai
'mata', tomat sebagai 'kuping', jamur sebagai 'hidung',
'bell-pepper' sebagai
'janggut', dan alternatif bentuk jenaka
lainnya. Lauren, anak ke-8 kami,
gemar menaruh olive pada ujung jari-jari
tangannya yang kemudian dimakan
dengan cara dicomot satu-demi satu dari
setiap ujung jarinya. Pancake
Zucchini juga bisa menjadi 'wajah' yang
sempurna jika ditambahkan kacang
polong sebagai 'mata', wortel sebagai
'hidung' dan keju sebagai
'rambut'.
- Buat kamuflase yang kreatif
Ada banyak variasi yang mungkin
bisa dibuat menggunakan 'keju dalam pohon'
(brokoli kukus dengan topping keju
yang meleleh). Atau, Anda dan anak Anda
juga dapat menikmati nikmatnya
sayuran (khususnya untuk hidangan Asia)
dengan saus selai kacang sebagai
topping.

9. Share it.
Jika anak Anda sedang mengalami fase 'picky
eater', undanglah teman sebaya
atau sedikit lebih tua darinya yang Anda tahu
adalah anak 'suka makan'. Anak
Anda akan terpengaruh juga. Makan
bersama-sama seperti ini akan membuat
seorang anak dapat melihat contoh dan
mengikutinya.

10. Respect tiny tummies.
Tetap sajikan makanan dalam
porsi kecil. Ingin tahu seberapa besar porsi
itu? Inilah petunjuknya.
Ukuran lambung seorang anak kurang lebih sama
dengan ukuran kepalan
tangannya. Jadi berikan porsi kecil pertama-tama, dan
isi kembali piringnya
jika anak Anda ingin makan lagi. Metode 'less-is-more'
ini tidak saja lebih
berhasil untuk diterapkan pada anak-anak 'picky
eaters', tapi juga memiliki
keuntungan tambahan dalam hal menstabilkan kadar
gula darah, yang pada
gilirannya meminimalkan perubahan mood si
kecil. Sebagaimana para orang tua
tahu, anak yang lapar umumnya adalah anak
yang tidak bahagia.

Lakukan
metode yang disebut 'the bite rule' untuk membujuk anak yang 'picky
eater':
'coba gigit sekali, coba gigit2x ...' (sejauh yang dapat Anda
lakukan untuk
membujuknya tanpa memaksanya makan). Metode ini minimal
membuat anak Anda mau
mencicipi jenis makanan baru juga memberinya
kesempatan untuk memegang
kendali terhadap makanannya. Sedapat mungkin,
biarkan anak Anda – dan
seleranya – menentukan kecepatan makannya. Tetapi
jika Anda ingin anak Anda
makan bersamaan waktunya dengan Anda, coba untuk
kondisikan agar waktu makan
selingan (snacks) terakhirnya minimal 2 jam
sebelum waktu makan bersama-sama
Anda.

11. Make it accessible.
Berikan anak Anda ruang khusus sebagai
'gudang' tempat stok
makanannya. Sediakan laci terbawah di dalam kulkas Anda
untuk menaruh
segala macam makanan dan minuman favorit (dan bergizi) anak
Anda. Kapan saja
ia menginginkan makanan tsb., bukakan pintu kulkas dan
biarkan dia memilih 1
macam makanannya. Taktik ini juga memungkinkan
anak-anak untuk makan saat
mereka merasa lapar, suatu langkah penting dalam
membangun kebiasaan yang
sehat tentang makanan.

12. Use sit-still
strategies.
Satu alasan mengapa para batita tidak suka duduk tenang di meja
makan
keluarga yaitu karena mereka harus duduk dengan kaki menggantung.
Cobalah
Anda duduk di atas bangku pendek (stool) saat makan. Anda secara
alami akan
segera menggeliat dan ingin segera bangkit dan bergerak di
sekeliling
bangku. Anak-anak cenderung duduk dan makan lebih lama jika
menggunakan
meja dan kursi khusus ukuran anak-anak di mana kaki mereka dapat
menyentuh
lantai.

13. Turn meals upside down.
Perbedaan antara
makan pagi, makan siang dan makan malam tidak terlalu
berarti untuk seorang
anak. Jika anak Anda ngotot ingin makan pizza waktu
pagi hari atau buah dan
sereal di waktu malam, ikuti saja – lebih baik
dibandingkan ia tidak mau
makan sama sekali. Hal ini bukan berarti Anda
harus menjadi orang tukang
masak dengan order kilat, atau selau melayani
banyak permintaan spesial,
tetapi mengapa Anda tidak biarkan batita Anda
merancang menu makanannya
sendiri di waktu-waktu tertentu? Anggota keluarga
lainnya juga mungkin bisa
ikut menikmati kesenangan baru dengan adanya
hidangan wafel dan 'hash brown'
saat makan malam.

14. Let them cook.
Anak-anak lebih cenderung makan
makanan kreasi mereka sendiri, jadi jika
memungkinkan, biarkan anak Anda
membantu Anda menyiapkan makanannya. Gunakan
pemotong kue untuk menciptakan
desain yang dapat dimakan dalam menunya,
seperti: keju, roti, irisan tipis
daging, atau mie lasagna matang. Beri
'asisten' Anda tugas semacam: merobek
dan mencuci helai daun selada,
menggosong kentang, atau mengaduk adonan. Isi
adonan pancake ke dalam botol
pencet dan biarkan anak Anda menjadi
'supervisor' saat Anda membuat
bentuk-bentuk yang lucu (mis. bentuk hati,
angka, huruf, atau bahkan ejaan
nama anak) di atas wajan panas.

15.
Make every calorie count.
Tawarkan anak anda jenis makanan yang mengandung
banyak gizi dalam 'dosis'
kecil. Ini khususnya berguna bagi batita yang
aktif seperti 'kelinci' tapi
makan seperti 'tikus'.
Makanan padat gizi
yang disukai sebagian besar anak-anak, di antaranya:
- Alpukat
-
Pasta
- Brokoli
- Selai kacang
- Nasi (beras merah) dan 'grains'
-
Kentang
- Keju
- Daging unggas
- Telur
- Labu
- Ikan
-
Ubi
- Kacang merah
- Tofu
- Yoghurt

16. Count on
inconsistency.
Untuk anak-anak, apa dan berapa banyak makanan yang mereka
ingin makan
mungkin berbeda-beda setiap harinya. Ketidakteraturan ini
menjadi bagian
terbesar dalam sikap 'kebingungan' mereka tentang makna 'tidak
mau
bergantung pada orang lain', dan aktivitas makan adalah area di mana
mereka
dapat mengambil sikap seperti itu. Jadi janganlah terkejut jika anak
Anda
makan sepiring penuh di satu hari dan praktis tidak makan apa-apa
keesokan
harinya, sangat mengagumi brokoli di hari Selasa dan
menolaknya
mentah-mentah di hari Kamis, ingin melakukannya sendiri pada
suatu
kesempatan makan dan di lain waktu benar-benar ingin
disuapi.

Seperti yang dinyatakan salah seorang orang tua dalam kegiatan
praktek kami,
' satu-satunya hal konsisten tentan masalah memberi makan
batita adalah
'ketidak konsistenan''. Cobalah untuk tetap ikut serta dalam
perubahan mood
anak Anda dalam soal makanan, dan jangan sekali-kali
memasukkan ke hati
tentang sikap mereka terhadap issue makanan.

17.
Relax.
Di masa antara ulang tahun yang ke-2 dan ke-3 anak Anda, bersiaplah
dengan
kebiasaan nya yang siap dengan idenya sendiri terhadap semua hal –
termasuk
cara makanan disiapkan dan disajikan. Bersiaplah dengan perasaan
hatinya
yang 'terlalu mendalam' terhadap makanan. Jika memang selai kacang
itu
harus berada di atas jelly, tetapi Anda malah melakukan
sebaliknya,
bersiaplah untuk mendengar protes. Tidaklah mudah beradu
argumentasi dengan
si-2-tahun yang 'berpendirian keras'. Lebih baik belajar
membuat sandwich
ala anak Anda.

Jangan menginterpretasikan sikap anak
Anda ini sebagai sikap 'keras kepala'.
Batita memiliki pola pikir tentang
urutan terhadap segala sesuatu dalam
dunia mereka. Alternatif lain tidak
dapat diterima. Ini adalah tahap
perkembangannya yang akan segera
berlalu.